Welcome to PSAA Alyatama Jambi!

     Profil
· Profil
· Visi dan Misi
· Struktur Organisasi

     Menu Utama
· Depan
· Akun Anda
· Arsip Berita
· Downloads
· Gallery
· Kirim Berita
· Kontak
· Search
· Top 10
· Web Links

     Pencarian



     Login
Nama Login

Password

Daftar
Lupa Password.

 Peningkatan Keberfungsian Keluarga melalui TEPAK PKS-Antar

BeritaAdmin menulis "

Minggu, 26 November 2017 -  PSAA Alyatama Jambi melaksanakan kegiatan Temu Penguatan Anak dan Keluarga (TEPAK) Penerima Manfaat Program Pelayanan Kesejahteraan Sosial Anak Terlantar (PKS-Antar) Berbasis Keluarga yang ada di kota Jambi.

Pelaksanaan kegiatan TEPAK PKS-Antar Berbasis Keluarga dihadiri oleh 50 Orang Penerima Manfaat beserta orang tua. Kegiatan dibuka oleh Kepala Seksi Program dan Advokasi Sosial Lifyarman sebagai penanggung jawab kegiatan yang bertempat di aula PSAA Alyatama Jambi. Dalam sambutannya, lifyarman berharap kegiatan ini dapat terjalin fungsi pengasuhan yang lebih baik sehingga meningkatkan keberfungsian keluarga karena pengasuhan terbaik adalah berada dalam keluarga. 
 
 
Pada kegiatan ini, peserta diberikan materi mengenai pengasuhan. Penyampaian materi disampikan oleh koordinator pekerja sosial PSAA Alyatama Jambi, Sarah Kurniati Rahayu. Dalam ceramahnya, Sarah menekankan pentingnya kelekatan dan kedekatan antara anak dan orang tua. Sarah menambahkan bahwa kasih sayang, perhatian dan pengawasan dari orang tua sangat penting dalam mewujudkann pengasuhan yang baik.
 
 
Sarah mengibaratkan anak sebagai bola yang kempes/kurang angin dan sebagai bola yang utuh yang dilemparkan ke lantai. Ibarat Bola yang kempes/kurang angin tidak akan memantul, maka anak yang kurang kasih sayang dan kedekatan dengan orang tua akan sulit untuk bangkit ketika terjatuh atau menghadapi masalah. Sedangkan Bola yang utuh diibaratkan dengan anak yang mendapatkan kasih sayang dan memiliki kedekatan dengan orang tuanya. mereka akan mudah bangkit dari masalah, memiliki kemandirian, mampu beradaptasi dan cenderung berfikir sebelum bertindak.
 
 


Pada kegiatan ini juga dilaksanakan outbound training bagi penerima manfaat dan orang tuanya dengan instruktur yang berasal dari  PAB (Penggerak Anak Bangsa) kota Jambi serta didampingi oleh Pekerja Sosial. Metode outbound dipilih agar terjalin kedekatan antara anak dan orang tua. Permainan yang diberikan dalam outbound bertujuan agar orang tua dan anak selalu bersama dalam suka dan duka, belajar mendengar dengan baik dan sabar sehingga pesan tersampaikan dan permasalahan dapat teratasi, membiasakan diri memperhatikan lingkungan sekitar, perlunya komunikasi, berfikir positif dan saling tolong menolong.

 
Setelah berakhirnya outbound, diberikan hadiah bagi peserta yang aktif. selain itu juga diberikan paket permainan edukasi yang merupakan bantuan dari UNICEF. 
 
 
Penulis : Vitri Suryati
fotografer : Aulia Mirza
"



 
     Link Terkait
· Lebih Banyak Tentang Berita
· Berita oleh vitri


Berita terpopuler tentang Berita:
Outbond Pegawai Tahun Anggaran 2010


     Nilai Berita
Rata-rata: 0
Pemilih: 0

Beri nilai berita ini:

Luar Biasa
Sangat Bagus
Bagus
Biasa
Jelek


     Opsi

 Versi Cetak Versi Cetak


Topics Terkait

Berita

"Peningkatan Keberfungsian Keluarga melalui TEPAK PKS-Antar" | Login / Daftar | 0 komentar
Isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengirimnya.

Anda tidak dibolehkan mengirim komentar, silakan daftar di sini






Generasi halaman: 0.54 detik