Welcome to PSAA Alyatama Jambi!

     Profil
· Profil
· Visi dan Misi
· Struktur Organisasi

     Menu Utama
· Depan
· Akun Anda
· Arsip Berita
· Downloads
· Gallery
· Kirim Berita
· Kontak
· Search
· Top 10
· Web Links

     Pencarian



     Login
Nama Login

Password

Daftar
Lupa Password.

 Berita: Alyatama Jalin Kerja Sama dengan LPKA Muara Bulian untuk Program PKS-ABH

BeritaAdmin menulis "

Jambi, 14 Desember 2017 - Sebagai wujud dalam pelaksanaan Program Pelayanan dan Perlindungan Kesejahteraan Sosial Anak berhadapan dengan Hukum (PKS-ABH), PSAA Alyatama Jambi kembali mengunjungi LPKA Muara Bulian untuk melaksanakan therapy psikososial Andikpas dalam bentuk outbound training.

Kegiatan dibuka oleh kepala Seksi Program Advokasi Sosial, Lifyarman yang mewakili kepala PSAA Alyatama Jambi di ruang belajar LPKA Muara Bulian. Dalam sambutannya, Lifyarman mengatakan jika kita perlu menyadari bahwa kondisi anak-anak saat ini sangat dipengaruhi oleh lingkungannya. Mereka juga adalah korban, korban dari lingkungan, pergaulan, juga pengasuhan orang tua. Bahwa tindakan yang dilakukan oleh anak-anak tidak boleh dipandang hanya dari perspektif hukum saja. Seperti yang disebutkan dalam Teori Kontrol Sosial yang memiliki asumsi dasar bahwa individu dalam masyarakat cenderung sama dengan masyarakat di sekitarnya. Baik atau buruknyanya seorang anak tergantung suasana dan stimulus lingkungannya. 
 
 
Lifyarman mengutarakan jika seluruh proses yang telah dilalui oleh anak-anak akan membawa dampak yang sangat berpengaruh pada tahapan perkembangan mereka. Dampak-dampak ini harus bisa diantisipasi atau bahkan dicegah agar anak tidak merasa tertekan dan menimbulkan dampak psikologis yang lebih besar lagi. Salah satu gejala psikologis yang sangat mungkin muncul diantaranya adalah perasaan cemas. Ketika seseorang merasa tidak nyaman, maka akan berdampak pula pada kondisi fisik, emosional, mental, dan spiritualnya. Dalam hal ini, dukungan dari seluruh pihak baik pemerintah, masyarakat dan keluarga pada khususnya sangat diperlukan oleh anak selama anak berkonflik dengan hukum hingga selesai masa hukuman.
 
PSAA Alyatama Jambi sebagai perpanjangan tangan pemerintah khususnya Kementerian Sosial berkewajiban untuk berperan dalam mengembalikan keberfungsian psikososial anak-anak yang berhadapan dengan hukum melalui Program Pelayanan dan Perlindungan Kesejahteraan Sosial Anak yang Berhadapan dengan Hukum (PKS – ABH). Lifyarman berharap dengan Program PKS-ABH yang salah satu tahapannya adalah pendampingan psikososial melalui kegiatan therapi psikososial melalui outbound training dapat mengembangkan keberfungsian psikososial, potensi dan kapasitas anak untuk mencapai prestasi dan penyembuhan / kuratif bagi anak dari permasalahan yang dihadapinya sehingga tercapai perkembangan anak yang optimal sesuai dengan potensinya. 


Selain sambutan dari Pihak PSAA Alyatama Jambi. Pihak LPKA Klas II Muara Bulian juga memberikan sambutan yang dalam hal ini disampaikan oleh Kepala LPKA klas II Muara Bulian Didik Budi Waluyo. Didik mengucapkan terima kasih kepada PSAA ALyatama Jambi yang mau menjalin kerja sama dalam memberikan therapy psikososial bagi binaannya. Didik mengutarakan jika pembinaan yang dilakukan di LPKA tidak lepas dari tiga unsur yaitu pembina, masyarakat dan keluarga. Dukungan ketiga unsur tersebut sangat membantu dalam proses menyiapkan mental andikpas setelah menyelesaikan pembinaannya di LPKA. Didik berharap bahwa andikpas dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan mengambil manfaatnya untuk meningkatkan mentalitas mereka. terakhir, didik berharap kerja sama ini dapat terus berkelanjutan dan bersinergi. 

 
Setelah dilaksanakan pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan outbound yang dipandu oleh Fasilitator dari Penggerak Anak Bangsa yang didampingi oleh Pekerja Sosial PSAA Alyatama Jambi. Adapun permainan yang diberikan dalam outbound kali ini yaitu True False dan Move by Counting yang bertujuan untuk melatih konsentrasi dimana menstimulasi otak untuk berfikir dan fisik untuk bergerak secara teratur. 
 
 
Permainan selanjutnya yaitu Small Balls and Bowls. permainan ini bermakna jika setiap kehidupan butuh berbagai cara positif dan kerja sama dengan tolong menolong untuk berhasil sampai pada tujuan.Sebuah pembelajaran bahwa apa yang diinginkan atau diharapkan tidak selalu sama dengan apa yang dihasilkan. Adanya pemahaman bahwa tidak semua lingkungan bisa menjadi contoh pembelajaran.
 
 
Lalu ada juga permainan Eight Long Straps yang bermakna bahwa masalah yang sebenarnya bukan hanya yang terlihat, bukan besar atau kecil namun bagaimana menjaga setiap sisi perbuatan dan tindakan. permainan ini bertujuan untuk penguatan akhlak, bagaimana cara memperbaiki kesalahan dan merangsang semangat untuk meraih masa depan dengan perbaikan. Permainan terakhir yang dilakukan yaitu pimpong ball and spoons yang bermakna pentingnya ilmu bagi seorang individu. bahwa ilmu dibutuhkan untuk menjalankan misi masa depan dalam meraih mimpi dan cita-cita.
 
 
Selain kegiatan therapy Psikososial, PSAA Alyatama Jambi juga menyerahkan bantuan berupa Alquran, Iqro dan Buku Panduan Sholat. Selain itu juga, PSAA Alyatama JAmbi memberikan bingkisan seperangkat alat sholat berupa baju koko, sarung dan sajadah bagi setiap andikpas LPKA klas II B Muara Bulian Jambi. 
 
 
 
 
Penulis / Fotografer : Vitri Suryati
 
 
"



 
     Link Terkait
· Lebih Banyak Tentang Berita
· Berita oleh vitri


Berita terpopuler tentang Berita:
Outbond Pegawai Tahun Anggaran 2010


     Nilai Berita
Rata-rata: 0
Pemilih: 0

Beri nilai berita ini:

Luar Biasa
Sangat Bagus
Bagus
Biasa
Jelek


     Opsi

 Versi Cetak Versi Cetak


Topics Terkait

Berita

"Alyatama Jalin Kerja Sama dengan LPKA Muara Bulian untuk Program PKS-ABH" | Login / Daftar | 0 komentar
Isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengirimnya.

Anda tidak dibolehkan mengirim komentar, silakan daftar di sini






Generasi halaman: 0.47 detik